Mainan Tradisional Perahu Kaleng




Perahu Kaleng


Perahu kaleng, kapal othok-othok atau perahu klotok, ya itu sebutan untuk perahu yang terbuat dari kaleng ini, mainan ini dapat kita jumpai di pasar tradisional, mungkin anda pernah memainkan perahu kaleng ini, sewaktu saya kecil saya sering memainkan perahu kaleng ini, karna menurut saya mainan ini unik, berbahagia lah kalian yang pernah memainkan mainan ini, itu berarti masa kecil kalian bahagia, hahahah

perahu kaleng ini dapat kalian mainkan dengan bahan bakar minyak goreng, dan suara dari perahu kaleng ini pun unik, seperti suara kaleng yang di adu, klotok klotok, mungkin karna suara nya yang unik perahu kaleng ini di sebut perahu klotok.

yang saya lihat sekarang di pasar tradisonal didaerah saya sudah jarang sekali yang menjual perahu kaleng ini, harga mainan ini pun juga termasuk murah,

nah di sini saya juga akan memberikan tutorial cara membuat perahu kaleng atau Othok-Othok

Siapkan Alat dan Bahan :


  • Gunting 
  • Seng
  • Solder
  • Timah
  • Tang
  • Permanen marker
  • Cat minyak
  • Kaleng bekas
Cara Pembuatan :

  1. Buat pola kabin kapal di atas kertas atau langsung saja digambar di kalengnya, tapi kalengnya dilurusin terlebih dahulu.
  2. Buat pola ruang bakar alias ketel.
  3. Lalu, potong kalengnya sesuai pola yang sudah dibuat
  4. Kemudian buat pipa saluran
  5. Rangkai pola yang telah dibuat tadi dengan memanfaatkan solder dan timahnya sampai jadi bentuk perahu.
  6. Jika perlu di cat. biar menarik


Perahu kaleng

Share this:

1 comment :

  1. Wah keren gan sayang kurang lengkap penjelasannya pas di titik cara pembuatannya..

    ReplyDelete

 
Copyright © Blog gk jelas. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates